Jumat, 19 Oktober 2018

Wisata Kampung Kopi Gombengsari

WISATA KAMPUNG KOPI GOMBENGSARI - terletak tepat di bawah kaki Gunung Ijen, kawasan Gombengsari, Kalipuro memiliki ribuan hektar kebun kopi dan peternakan kambing jenis etawa. Itulah mengapa daerah ini sangat dikenal dengan hasil olahan kopi dan susu kambing etawa murni.

Pengunjung Kampung Gombengsari dapat berpartisipasi langsung dalam proses pengolahan kopi secara tradisional. Kopi lokal ini disebut Kopi Lerek Gombengsari (KOPILEGO). Setelah  lelah berkeliling kebun dan mengolah biji kopi, anda bisa bersantai di balai bengong untuk menyeduh kopi khas Gombengsari. Terdapat juga pusat oleh-oleh bubuk kopi yang dapat anda bawa pulang sebagai cinderamata sanak family.
Wisata Agro Perkebunan Kopi Gombengsari Banyuwangi
Wisata Edukasi Kopi Gombengsari Banyuwangi

Edukasi Sangrai Kopi Tradisional

Ketika mengunjungi Kampung Kopi Gombengsari, selain berkeliling ke kebun kopi dan memetik biji kopi langsung dari pohon anda juga bisa mengolah kopi yang anda petik. Tim Tera TNT bisa menyusun kegiatan sangrai kopi secara tradisional menggunakan bengahan.



Bengahan : adalah tungku tradisional yang terbuat dari tumpukan batu bata yang dilumuri seluruhnya dengan lumpur. Sebagai bahan bakar adalah kayu kering atau sekam, 


Peternakan Kambing Etawa

Selain penghasil kopi, Gombengsari juga dikenal sebagai penghasil susu kambing etawa murni terbaik di Banyuwangi. Para penduduk desa memelihara kambing etawa hampir disetiap rumah, mereka dapat menjual susu perahan dan juga kompos dari kotoran kambing.

Seiring promosi pariwisata yang gencar, sekarang pemuda-pemuda desa mulai kembali ke kampung halaman untuk beternak kambing etawa dan terlibat dalam wisata edukasi kopi. Sebelumnya mereka lebih memilih bekerja di kota karena upah yang lebih besar, sekarang dengan terlibat dalam wisata edukasi kopi lokal dan menjual produk kopi asli Gombengsari roda ekonomi masyarakat menjadi lebih baik.

Bentuk wisata Gombengsari ini berupa tour kebun kopi, mengenal jenis-jenis kopi, petik kopi (saat panen), belajar memproses kopi secara tradisional (sangrai, menumbuk, sampai menyeduh), perah susu kambing, memberi minum anak kambing dengan dot. Selain itu terdapat pula kesenian masyarakat berupa musik patrol dan sepak bola api.

Tertarik untuk belajar mengolah kopi secara tradisional ? Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Hubungi Kami

Let's Talk..!

Hubungi tim kami dan diskusikan tentang apapun perihal kunjungan wisata anda ke Banyuwangi. Tim kami akan memberikan solusi terbaik untuk liburan anda yang berkesan dan tidak terlupakan.

Alamat Kantor:

Jl. Stasiun Karangasem A7, Banyuwangi, 68431

Jam Operasional:

Senin - Jumat 09.00 s.d 17.00 , Sabtu 09.00 s.d 13.00